Selasa, 13 Desember 2011

MATERI KELAS 7 SEMESTER 2:FLASH DISK

Flash Disk
         Flash disk merupakan media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flash disk dihubungan pada komputer melalui USB (Universal Serial Bus). Dibanding disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat hampir sama dengan hardisk. Saat ini harganya masih relatif mahal tergantung kapasitas dan mereknya. Kapasitasnya bervariasi mulai dari 64 MB, 128 MB, 512 MB dts.
         Merek yang ada dipasaran antara lain: Kingston, Sundisk, dll.
         Ciri-ciri dan Cara Merawat Media Penyimpan Data:
         Seperti telah kita ketahui bahwa media penyimpan data ada dua macam yaitu:
              1. Internal Storage (Media Penyimpan Utama)
                    yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu: RAM dan ROM.

  • RAM (Random Access Memory)                                                                                                                  Disingkat dengan RAM.Memory penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.  
           Gambar RAM :




  • ROM (Read Only Memory)
                            Disingkat dengan ROM. Memori yang hanya dapat dibaca. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan. Juga dikenal sebagai memori statik, yaitu memori fisik yang bersifat hanya-baca. Dalam komputer, pada BIOS ROM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi BIOS. 
                            ROM ini berfungsi untuk mengatur proses dasar dari masukan dan keluaran data.

            Gambar ROM :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar